Oleh: agustinakhalid | Januari 28, 2009

BAB 8 WEB PERUSAHAAN (Bahan Presentasi Kelompok)

Web  sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan keberadaannya tidak bisa dipisahkan lagi dengan kemajuaan perusahaan. Web kebanyakan digunakan perusahaan untuk memperlancar bisnis mereka, menjalin hubungan dengan para relasi, termasuk didalamnya dengan pelanggan. Selain itu, dengan adanya web ini, perusahaan dapat menghemat jam pekerja dan memberikan peluang bagi perusahaan untuk mengatur perusahaannya dengan para relasi dan menjadikan perusahaan tersebut menjadi unggul daripada pesaingnya.

Teknologi Web

Beberapa standar dan teknologi web yang digunakan oleh perusahaan untuk menjalin kerjasama dan menerima berbagai informasi, antara lain :

1) HTTP

HTTP (Hyperangkaian huruf yang pertama yang terletak di awal dari setiap alamat web, diikuti olehyang menentukan komputer sertext Transfer Protocol), yaitu standar komunikasi yang digunakan untuk transfer halaman web, yang merupakan server mana dalam perusahaan yang menyimpan dokumen tersebut.

2) HTML dan XML

HTML ( Hypertext Markup Language), yaitu bahasa deskripsi untuk menjelaskan bagaimana text, grafis, video dan suara ditempatkan pada sebuah halaman web. XML adalah bahasa pemograman yang bertujuan umum yang mendeskripsikan sruktur dokumen, memungkinkan data dimanipulasi komputer menggunakan aplikasi situs web dan aplikasi yang bukan situs web. Bahasa ini dikembangkan pada tahun 1996 oleh W3C (World Widweb Consortium), yaitu badan international yanng mengatur perkembangan web.

3) FTP

FTP (File Transfer Protocol) adalah peranti yang digunakan untuk memunculkan dan mengirimkan file dari satu komputer ke komputer lainnya. File yang dikirimkan dapat berupa text, grafis, animasi atau suara.

4)RSS

RSS (Rich Site Summary) adalah teknologi  menggunakan peranti lunak akumulasi untuk menari isi dari halaman situs seperti berita-berita, berita olah raga dan informasi lainnya, serta menyediakan secara otomatis kepada pengguna komputer.

5) Blog

Blog, yang sering dikenal dengan weblog adalah situs web terstruktur yang masih belum resmi, di mana individu yang berlangganan dapat menerbitkan cerita, opini dan menghubungkan dengan situs web lainnya.

6) Wikis

Wikis adalah situs web berkolaborasi, di mana pengunjung dapat menambah, menghapus atau memperbaharui isinya, termasuk hasil pekerjaan orang lain sebelumnya.

7) Podcasting

Podcasting adalah memublikasikan pertunjukkan suara melalui internet, sehingga pelanggan dapat mendowload file audio ke komputer pribadi.

8) Instant Messaging

Instant Messanging ( Pesan Instans) adalah sejenis layanan chat, di mana para pesertanya dapat menciptakan saluran chat mereka sendiri.

9) Cookies

Cookies adalah file kecil yang disimpan pada hard drive komputer ketika seorang penggguna mengunjungi situs web tertentu.

10)Proprietary Technologies

Proprietary Teknologies adalah properti intelektual, yaitu properti tak berwujud yang dibuat oleh individu atau perusahaan yang dilindungi oleh hak cipta dan hak paten dan tidak bebas untuk digunakan.

Web Bisnis

Web pada umumnya digunakan oleh perusahaan pada berbagai kegiatan bisnis di antaranya :
A. B2B Trading (Perdagangan Bisnis ke Bisnis), mencakup penjualan barang-barang dan jasa antar bisnis, contohnya Millpro com, web site yang menjual alat-alat potong dan alat-alat berat ke lebih dari 100.000 bisnis mesin kelas kecil.

1. Periklanan (Advertising) online, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :

a. Melalui Mesin Pencari (Search Advertising), yatu suatu bentuk periklanan melalui situs pencarian online yang berkaitan dengan perusahaan yang sangat efektif.

b. Banners yaitu gambaran pada website yang menghubungkan ke situs dari perusahaan yang menjual barang atau jasa.

2. Exchange dan Auction (Perlelangan dan Pertukaran) adalah suatu ekstranet untuk organisasi yang menawarkan untuk pembelian  dan tawaran pada produk dan jasa dari suatu tipe husus.

3. Aliansi Bisnis Online adalah gabungan dari dua atau lebih perusahaan untuk tujuan tertentu, seperti untuk menciptakan kekuatan pembelian yang diciptakn oleh pembeli untuk dirinya, tujuan lainnya untuk menciptakan kekuatan pada perusahaan yang berkerja sama.

B. B2C Trading (Perdangan Bisnis ke Konsumen), mencakup produk retail dan jasa untuk para konsumen individu, contohnya Noble com dan Banners, yang menjual buku, perangkat lunak dan musik pada konsumen individu.

Bentuk B2C Trading yang dilakukan terdiri dari :

1. E-Tailing, online E-Tailing ini masih terus berkembang didunia karena beberapa alasan, seperti terdapatnya kecepatan line komunikasi dan memperbesar kemampuan untuk menemukan pencarian satu item untuk dan masing-masing informasi dari tem-item tersebut.

2. Auction (Pertukaran) yaitu pasar net pihak ketiga yang bisa menghubungkan beribu-ribu pemasok dan pembeli untuk pembelian cepat.

3. Content Provider (Kekuatan Penawaran) adalah menciptakan pendapatan dengan memberikan isi digital, seperti berita digital, musik, foto atau video pada web. Pembayar membayar sejumlah uang untuk dapat mengaksesnya, Contoh CNN. com.

Keputusan Jaringan Dasar Untuk Keberhasilan Bisnis

Kesuksesan suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, salah satunya didukung oleh adanya keputusan yang tepat untuk menggunakan web yang cocok untuk perusahaan dan juga kemampuan menggunakan web. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar dapt mendukung keberhasilan bisnis , antara lain :

a. Target the Right Customers ( Target yang Tepat untuk Konsumen)

Sasaran individu dan organisasi kebanyakan diperlukan untuk tawaran produk dan jasa dan ini telah menjadi upaya penting di dalam pemasaran, dengan atau tanpa web. Termasuk di dalamnya bagaimana cara memperkenalkan situs kepada audience yang seringkali mengunjungi web.

b. Capture the Customer Total Experince( Menangkap Pengalama Total Konsumen)

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan cookiesn untuk merekam gerak-gerik pembeli, dan ini bisa menjadi suatu aset bagi perusahaan bisnis dengan menawarkan dan menyesuaikan web pages untuk konsumen individual.

3. Personalize the Customers  (Pelayanan yang Menurut Selera)

Dengan menggabungkan software CRM dan software pelanggan web page untuk memberikan peluang bagi konsumen untuk memilih dan menerima berbagai informasi yang diingnkan dengan tetap menghargai privasi konsumen.

5. Let Customer Help Themselves (Membiarkan Konsumen untuk Menolong Mereka Sendiri)

Konsumen pada umumnya memerlukan infomasi yang berkaitan dengan pembelian, seperti informasi mengenai pemesanan barang, informasi tentang suatu produk dan informasi lainnya yang dirasa perlu. Penempatan informasi yang berguna dan mampu mendowload software, pada situs tidak hanya menciptakan kepuasan, tetapi juga dapat mendorong kesetiaan konsumen pada suatu perusahaan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: