Oleh: agustinakhalid | November 7, 2008

STRATEGI YANG DIGUNAKAN DALAM SISTEM INFORMASI(BAHAN PRESENTASI KELOMPOK 2)

Dari survey 291 eksekutif TI yang dilakukan oleh CIO Insight di dapatkan seperiga dari eksekutif menyatakan bahwa keberadaan mereka adalah untuk menciptakan strategi, sedangkan dua pertiga eksekutif lainnya menyatakan bahwa keberadaan mereka adalah untuk menjalankan strategi. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa strategi informasi dirancang untuk mencari peluang yang ada dan untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam perusahaan.

dengan adanya stategi yang digunakan dalam sistem informasi maka akan mencapai suatu keunggulan yang kompetitif, tapi pencapaian keunggulan yang kompetitif hanya dapat dilakukan dengan 8 metode dasar, diantaranya :

1. menurunkan biaya

Pembeli cendrung membeli produk-produk yang murah harganya, walaupun kualitasnya barangnya turun dan untuk mencapai keunggulan kompetitif suatu perusahaan harus menciptakan produk yang bermutu dengan harga yang terjangkau dari harga pesaing, dengan cara menurunkan biaya produksi.

2. meningkatkan tantangan dalam memasuki pasar

Dengan melindungi/mematenkan produk-produk yang dihasilkan pada saat barang didistribusi ke pasar sasaran, untuk mengantisipasi penjiplakan produk oleh perusahaan pesaingnya.

3. membangun biaya pengalihan yang tinggi

biaya ini terjadi pada saat pelanggan beralih ke produk perusahaan lain

4. menciptakan produk dan jasa baru

kemampuan perusahaan dalam menciptakan produk dan jasa baru dengan keunikan itu tersendiri bisa membawa keuntungan bagi perusahaan tersebut, seperti pelanggan akan beralih ke perusahaan tersebut, karena dinilai dapat memahami keinginan mereka.

5. membedakan produk atau jasa dari pesaing

perusahaan harus dapat menciptakan produk yang berbeda dari para pesaingnya

6. Meningkatkan kualitas produk dan Jasa

Kemampuan dalam penciptaan produk, tidak cukup hanya dengan menciptakan produk yang unik saja, tetapi harus dibarengi dengan peningkatan kualitas produk atau jasa, sehingga konsumen puas dengan produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan dan ini dapat mengurangi keluhan dari pelanggan.

7. Membangun Aliansi

Gabungan dua hal yang sama-sama dibuktikan oleh pelanggan misalnya dalam jasa penerbangan yang bekerjasama dengan pihak perhotelan dan ini akan mempermudah para pelanggan.

8.  mengikat supplier dan pembeli

dengan menjalin hubungan antara supplier dan pembeli, ini dapat membuat keunggulan kompetitif pada perusahaan. perusahaan dengan mudah menyediakan bahan produksi yang dibutuhkan dan pembeli akan setia dan bersedia membeli produk pada perusahaan tersebut.

Dengan adanya 8 metode dasar untuk pencapaian keunggulan kompetitif, perusahaan akan mencoba berusaha untuk menjadikan perusahaan tersebut berbeda dengan perusahaan pesaingnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: