Oleh: agustinakhalid | November 7, 2008

E- BUSINES GLOBAL: BAGAIMANA BISNIS MENGGUNAKAN SIM

Dalam melakukan kegiatan bisnis setiap perusahaan memerlukan sistem informasi yang berhubungan dengan kegiatan operasional, seperti informasi mengenai penjualan, persediaan, pelanggan, karyawan, pemberitahuan tentang produk baru dan informasi lainnya. sebelum terbentuknya bisnis, bisnis itu sendiri harus melalui proses. karina prosesini merupakan inti dari bisnis dan jika diartikan proses bisnis ini adalah siklus kerja perusahaan yang dimulai dengan penyediaan bahan baku, informasi serta pengetahuan tentang bagaimana menjalankan bisnis itu sendiri.

Jika dihubungkan antara proses bisnis dan sistem informasi maka akan terbentuk suatu perubahan dalan perusahaan, yaitu produktivitas perusahaan tersebut akan meningkat, kegiatan perusahaan akan berjalan lebih efisien, karena sistem informasi tersebut dapat mempermudah kegiatan perusahaan, seperti kasus pada perusahaan Tuperware, dimana sebelum menggunakan sistem informasi dalam bentuk web dan e-mail, penjualan produknya tidak menarik minat pembeli sama sekali, tetapi setelah menggunakan web dan e- mail, terjadi peningkatan pesana dari pembeli, karena pembeli dapat dengan mudah melakukan pemesanan, mendapatkan informasi tentang produk-produk baru tupperware dan informasi lainnya. manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh pembeli tetapi juga oleh perusahaan. Dengan adanya penggunaan sistem informasi bisnis elektronik, perusahaan bisa melakukan promosi penjualan dan ini memberikan nilai tambah dari perusahaan tuppeware.

Jika dilihat dari sistem informasi yang digunakan perusahaan terdiri dari dua sudut pandang yaitu:

1. Sistem dari sudut pandang fungsional yang berhubungan dengan kegiatan yang ada dalam perusahaan, sudut pandang ini terdiri dari :

a. Sistem penjualan dan pemasaran, yang berkaitan dengan penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan, penjualan produk, periklanan dan mengenali pelanggan produk dan jasa.

b. Sistem produksi dan manufaktur, berkaitan dengan pemproduksian barang atau jasa, pengadaan, penyimpanan dan penyediaan bahan yang diperlukan dalam proses produksi.

c. Sistem akuntansi dan keuangan, yang berkaitan dengan menjaga dan mengelola aset perusahaan seperti saham.

d. Sistem sumber daya manusia, yang berkaitan dengan perekrutan , penentuan, pengembangan dan pemeliharaan karyawan.

2. Dilihat sistem dari sudut pandang konstituen, yang berhubungan dengan pemeriksaan sistem yang ada dalam perusahaan apakah sesuai untuk langkah pengambilan keputusan, sistem dari sudut pandang ini terdiri dari :

1. Sistem pemrosesan transaksi, yang berkaitan dengan catatan mengenai aktivitas yang rutin dilakukan perusahaan.

2. Sistem informasi manajemen dan sistem pendukung keputusan, yang berkaitan dengan laporan kinerja perusahaan dan pembuatan atau pengambilan keputusan pada waktu tertentu.

Diantara sistem yang telah dijelaskan di atas saling berkaitan satu sama lain membentuk satu kesatuan, karena berhubungan baik secara langsung maupun tidak saling berhubungana antara perusahaan dengan lingkungan internal dan dengan lingkungan eksternal seperti hubungan dengan pemasok, pelanggan dan hal tersebut tidak dapat dipisahkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: